Senin Nan Ribed

Ribed? Apakah arti kata itu ? Dalam kosa kata bahasa Indonesia baku, tentu kita akan kesulitan memaknai kata “ribed” tersebut. Memang begitulah kenyataannya.Kata “ribed” merupakan kosa kata yang sebenarnya berasal dari bahasa daerah, yang sayangnya tidak jelas pula dari daerah manakah kata itu muncul. Persoalan ketidakjelasan asal muasal kata “ribed” itu secara tidak disadari oleh kita telah memunculkan “keribedan” tersendiri. Itulah salah satu makna yang dapat dimaknai dari kata “ribed”.

Bagi masyarakat yang tinggal di Jabodetabek, tentu pernah mendengar atau bahkan mengucapkan kata “ribed” tersebut. Beranekaragam kata pendamping memunculkan pula beranekaragam pemahaman. Namun yang pasti bagi sebagian besar masyarakat Jabodetabek, kata itu akrab dan dimengerti.

Hari senin yang lalu, di madarasah yang saya pimpin, mungkin kata “ribed” itulah yang saya/kami rasakan. Bagaimana tidak? Hari senin, tanggal 13 Juli 2009, merupakan hari pertama Tahun Pelajaran 2009-2010, sehingga semua aktivitas madrasah dimulai pada saat itu.

“Keribedan” ini tentunya dialami pula oleh kepala madrasah/sekolah yang lain, guru, orangtua, sopir, pak polisi, dan sebagainya. Jalan-jalan terasa lebih padat, karena bukan hanya siswa yang berangkat menuju ke madrasah, namun juga para orangtua. Semua serba “ribed”. Harus bangun lebih awal karena akan ke madrasah. Harus bangun lebih awal karena harus memasak. Harus bangun lebih awal karena harus membujuk anak yang baru mau duduk di bangku madrasah. Semua orang pasti merasakan Senin Nan Ribed itu…..

Jadi, dapat kita maklum bahwa “ribed” adalah keniscayaan bagi kita semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s